5 Tips Agar Tidak Tertipu Donasi online

Tahukah Anda, Indonesia merupakan salah satu negara yang warganya sangat gemar berdonasi. Dalam setiap penggalangan dana yang dilakukan secara besar-besaran, dana yang terkumpul bisa jauh melebihi dari target yang ditentukan, misalnya donasi untuk bencana alam. Ini membuktikan bahwa orang Indonesia memiliki kesadaran yang tinggi untuk berdonasi, baik donasi online maupun donasi secara langsung.

Read More

Sayangnya, kemurahan hati orang-orang Indonesia ini disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Mereka menyalahgunakan kesempatan ini untuk melakukan penipuan berkedok donasi. Ada yang melakukannya melalui media sosial, tidak sedikit pula yang melakukannya lewat platform khusus donasi. Mereka ini biasanya menggunakan uang dari donasi untuk mencukupi keinginan pribadi, misalnya jalan-jalan.

Agar Tidak Tertipu Donasi Berbasis Online

Anda tentu tidak ingin hal demikian terjadi. Anda berdonasi dengan setulus hati namun malah disalahgunakan. Solusinya bukan dengan tidak lagi melakukan donasi online, melainkan Anda perlu waspada. Berikut ini ada beberapa tips agar tidak tertipu donasi yang dilakukan secara online.

1. Perhatikan rekening yang digunakan

Pertama, perhatikan rekening yang digunakan, apakah rekening tersebut mengatasnamakan lembaga tertentu atau atas nama pribadi. Anda perlu mengecek kredibilitas dari pemilik rekening tersebut.

Jika atas nama lembaga, cek keberadaan lembaga tersebut. Pastikan lembaganya benar-benar ada, tidak fiktif, dan aktif berbagi dengan sesama. Jika atas nama orang pribadi, Anda bisa mengeceknya untuk mencari tahu rekening itu pernah tersangkut kasus penipuan atau tidak.

2. Kenali lembaga yang dipilih

Yang kedua, kenali lembaga yang dipilih. Ini berkaitan dengan mengecek kredibilitas dari lembaga tersebut. Anda perlu mencari tahu kegiatan apa saja yang dilakukan oleh lembaga tersebut, apakah masih rutin melakukan kegiatan sosial atau tidak.

Kalau perlu, cari dengan tema yang lebih luas. Anda bisa mencarinya melalui berita-berita yang ada bisa juga melalui review dari orang lain jika ada. Apabila lembaga tersebut meragukan, lebih baik Anda memilih lembaga lain yang lebih terpercaya.

3. Cari tahu kegiatan penyaluran dana dari lembaga tersebut

Yang ketiga, cari tahu kegiatan penyaluran dana dari lembaga tersebut. Jika Anda melakukan donasi online melalui lembaga tertentu, pastikan lembaga ini mengelola uangnya dengan baik. Mereka masih tetap melakukan kegiatan sosial secara rutin, baik dalam skala besar maupun skala kecil.

4. Pastikan ada laporan dari setiap dana yang masuk

Yang keempat, pastikan ada laporan dari setiap dana yang masuk. Laporan ini bisa diakses oleh siapapun, termasuk Anda sebagai calon donatur. Dengan demikian, penggalangan dana berjalan secara transparan.

Anda pun berhak meminta laporan penggalangan dana ini. Jika lembaga yang dituju tidak mau memberikannya dengan berbagai alasan, lebih baik Anda memilih lembaga lainnya untuk berdonasi. Masih banyak lembaga yang mau memberikan laporan secara transparan sehingga membuat para donaturnya merasa lebih percaya.

5. Donasi di situs terpercaya

Yang kelima, lakukan donasi di situs yang terpercaya. Dibandingkan dengan berdonasi melalui laman media sosial, lebih aman jika Anda berdonasi melalui laman web. Namun Anda juga perlu memperhatikan domain yang digunakan. Jika domainnya terdengar asing atau aneh untuk Anda, sebaiknya cari platform lain yang lebih terpercaya untuk donasi online.

Nah, itulah 5 tips agar tidak tertipu donasi online. Berdonasi pun harus pilih-pilih agar uang yang masuk benar-benar digunakan dengan baik. Meskipun Anda memiliki niat yang baik serta tulus, tentu akan semakin baik jika Anda memberikan donasi kepada orang yang jauh lebih membutuhkan. Karena itu, tetaplah berdonasi dan lakukan dengan hati-hati.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *