Jadi Pilihan Camilan Sehat, Intip 6 Zat yang Terkandung dalam Kedelai, Yuk!

  • Whatsapp
jadi-pilihan-camilan-sehat-intip-6-zat-yang-terkandung-dalam-kedelai-yuk
Foto: Canva.com pro

Kandungan protein yang tinggi pada kedelai bisa menjadi sumber energi harian. Tak heran kedelai sangat bermanfaat dalam program penurunan berat badan, mengurangi kadar kolesterol dalam darah, mengurangi risiko kanker, dan lain-lain. Kedelai bisa direbus dan langsung makan atau diolah dalam bentuk fermentasi susu. Manfaat susu kedelai sangat baik dalam menunjang pertumbuhan balita yang alergi susu sapi.

Zat yang terkandung pada kedelai

Olahan makanan dan minuman dari kedelai wajib Anda masukkan dalam daftar menu sehat harian. Selain protein, kedelai memiliki zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh yaitu :

Read More

1. Karbohidrat

Konsumsi karbohidrat dalam bentuk serat pada sayuran, buah atau kacang-kacangan bisa menjadi sumber energi bagi sel, jaringan dan organ. Tenang saja, sumber energi dari kedelai tidak menyebabkan kegemukan.

2. Asam linoleat

Asam linoleat pada kedelai berfungsi untuk mengatur tekanan darah, pembekuan darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi peradangan, dan meningkatkan kesuburan.

3. Kalsium

Merupakan jenis mineral yang berperan dalam memelihara tulang dan gigi, membantu sistem pembekuan darah dan mengatur irama jantung. Dari berbagai riset menunjukkan bahwa kandungan kalsium pada kedelai lebih besar dari kacang-kacangan lain.

4. Fosfor

Meski sebagian besar orang memiliki kadar fosfor alami, namun ada orang-orang yang kekurangan zat fosfor. Padahal fosfor sangat penting dalam membuang zat tidak berguna dalam tubuh Anda.

5. Isoflavon

Isoflavon adalah senyawa organik dan biomolekul yang memiliki fungsi berkaitan dengan flavonoid. Flavonoid efektif dalam mengurangi kadar kolesterol, mengurangi risiko penuaan dini, memberikan kesehatan pada jantung, dan lain-lain.

6. Fitosterol

Kandungan fitosterol efektif menurunkan kadar kolesterol dan mencegah risiko penuaan dini dan menopause pada wanita.

Manfaat susu kedelai yang baik bagi kesehatan wajib Anda konsumsi setiap hari. Kandungan zat pada kedelai atau olahan fermentasi aman dikonsumsi oleh orang dewasa, ibu hamil atau anak-anak.

Amankah memberikan susu kedelai pada bayi?

Sebelum Anda memberikan susu kedelai pada bayi, sebaiknya cari info bayi yang akurat, misalnya konsultasi dengan dokter anak yang terpercaya. Susu kedelai bisa meningkatkan risiko alergi pada bayi, merusak gigi dan mengganggu organ reproduksi anak. Berikan ASI pada bayi sebagai makanan terbaik sejak lahir hingga dia berusia 2 tahun.

Jika bayi mengalami alergi susu formula, pemberian susu soya dianjurkan pada bayi yang telah berusia lebih dari 6 bulan. Ada pula beberapa kondisi yang harus diperhatikan lebih dulu yaitu bayi tidak mengalami kolik dan reaksi alergi pada kedelai. Memberikan yang terbaik untuk buah hati tercinta harus selektif, ya!

Sebagai ibu yang baik, Anda bisa memilih konsumsi susu kedelai selama hamil dan menyusui. Biarkan buah hati mendapatkan asupan nutrisi dari ASI hingga usia 2 tahun, ya! Kalau bayi tumbuh kembang secara sempurna, kenapa tidak?

 

Sumber

  • https://www.idntimes.com/health/fitness/yulia-nor-annisa/6-kandungan-nutrisi-lain-kacang-kedelai-tak-hanya-protein-c1c2/6
  • https://www.alodokter.com/memberi-susu-soya-untuk-bayi-ini-faktanya#:~:text=Aturan%20Memberi%20Susu%20Soya%20pada,mengalami%20gangguan%20metabolik%2C%20seperti%20galaktosemia.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *